Kamis, 11 Oktober 2012

LAPORAN KEUANGAN



DEFINISI AKUNTANSI


Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Selain itu, akuntansi dapat diartikan sebagai seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”.Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan kedalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.


FUNGSI AKUNTANSI 

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.


PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Selain itu laporan keuangan diartikan sebagai ringkasan dari proses akutansi selama tahun buku yang bersangkutan yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan terhadap data atau aktivitas perusahaan tersebut.


TUJUAN LAPORAN KEUANGAN


Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalah Meyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.


CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Salah satu fungsi dari laporan keuangan adalah salah satunya adalah untuk membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan. Dalam mengambil keputusan tersebut harus di dasari atas informasi yang dapat di pertanggungjawabkan. Salah satu alat bantu dalam membuat laporan keuangan di sini adalah Software Akuntansi.


Informasi
Jl. Kaliurang Km.6,5,Gang Timor-timur 

No. D9,Sleman, Yogyakarta
(0274) 880066









referensi


http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

http://id.wikipedia.org/wiki/Laporan_keuangan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar